SOP Pabrik Kelapa Sawit, Pentingkah?

SOP adalah Standard Operating Procedure yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan aktivitas dengan cara yang terstandar. Dalam hal di pabrik kelapa sawit, SOP digunakan sebagai pedoman untuk mengoperasikan pabrik dengan cara yang standar.

Mengapa perlu ada standar?

Tanpa standar, kita tidak mempunyai pedoman yang jelas dan pasti. Tanpa standar, kita tidak dapat menelusuri variasi. Tanpa standar, segala sesuatunya dilakukan sesuai dengan kemampuan karyawan saja. Tanpa standar, tidak ada ukuran keberhasilan. Tanpa standar, bagaikan bermain sepak bola di bawah sinar rembulan.

Mempunyai SOP berbeda dengan melakukan SOP. Di beberapa perusahaan, hanya memiliki SOP tanpa menggunakannya dengan benar sudah merupakan kebanggaan tersendiri. Namun di beberapa perusahaan, memiliki dan memedomani SOP dengan benar serta melakukan review adalah praktek yang wajib dilakukan. Tetapi di perusahaan kecil, terlalu sering bahkan tanpa SOP, sehingga banyak masalah yang tidak dapat ditangani dengan benar.

Apa beda perusahaan yang memiliki dan melakukan SOP dengan perusahaan yang tidak melakukan SOP?

Perusahaan yang mempunyai, melakukan dan mereview SOP pasti lebih unggul daripada perusahaan tanpa SOP atau perusahan dengan SOP tetapi tidak melakukannya dengan benar. Hal ini sudah pasti.

Maka, manajemen perusahaan perlu melakukan hal berikut ini:

  1. Membuat SOP dengan benar (sesuai dengan mesin-mesin yang ada, bukan copy paste dari perusahaan lain.
  2. Memastikan bahwa karyawan benar-benar paham dan mampu melakukan tugas sesuai SOP yang ada.
  3. Memberikan training SOP secara rutin untuk memastikan bahwa karyawan mampu dan mau.
  4. Memberikan pembinaan pada karyawan yang tidak bekerja sesuai SOP (baik sengaja atau tidak sengaja)
  5. Setiap ada masalah teknis, check apakah aktivitas sudah dilakukan sesuai SOP.

SOP menjadikan karyawan kompeten, masalah teknis menjadi sangat minim, throughput pabrik tercapai, oil dan kernel loss sesuai standar, kualitas CPO dan Kernel sesuai standar serta pabrik beroperasi dengan handal.

Oleh Posma Sinurat – ASA Consulting

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts